TINGGAL MENUNGGU SK BUPATI

Oleh MTs Negeri 3 Banyumas
SHARE

Sumbang- “Berdasarkan pemantauan kami dari kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan administrasi, dan lingkungan Madrasah maka sudah layak dan pantas untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka bagi siswa, hanya sedikit perbaikan mohon untuk dipenuhi dan dilengkapi sambil menunggu kami datang kembali ke MTs Negeri 3 Banyumas ini dengan membawa SK Bupati Kabupaten Banyumas untuk melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka” demikian disampaikan Kesbangpol Bapak Basuki Rohman selaku ketua Rombongan Gugus Covid-19 Kabupaten Banyumas dalam sambutan peninjauan kesiapan Uji Coba PTM di MTs Negeri 3 Banyumas.

Kegiatan kunjungan Gugus Covid-19 Kabupaten Banyumas ini dalam rangka menindaklanjuti Disposisi Bupati Banyumas Nomor 639 tanggal 19 April 2021 atas surat Kepala Kantor KEMENAG Kabupaten Banyumas Nomor B/270/Kk.11.02/2/PP.00/04/2021 perihal Permohonan Izin Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, maka perlu dilakukan kunjungan gugus Covid-19 Kabupaten Banyumas untuk melihat situasi kesiapan Satuan Pendidikan dalam mencukupi sarana prasarana protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 sebagai Lokasi Uji Coba PTM. Dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 30 April 2021pukul 10.30 WIB s.d 11.30 WIB di MTs Negeri 3 Banyumas, Jl. Raya Silado No. 007 Desa Silado, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.  Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Ops Polresta Banyumas Kompol Agus Sugianto, Pasi Ops Kodim Banyumas Lettu Inf Nurkholis, Dinkes dr. Anwar, Kesbangpol Bapak Basuki Rohmad, Satpol PP Karyoto, Sekda Kesra Kabupaten Banyumas bapak Didit, Camat Sumbang bapak Drs. Purjito, Kapuskesmas Sumbang bapak Bambang Margono, SKM., Danramil 05/SBG Lettu CBA. Lulus Susedyo, Kapolsek Kec. Sumbang Iptu. Haryatmo, SH., Kepala Desa Silado bapak Ratno, Kepala MTS Negeri 3 Banyumas H.Akhmad Taukhid, M.Pd., dewan guru dan karyawan MTs Negeri 3 Banyumas dan sebagian pengurus OSIM untuk melaksanakan simulasi pembelajaran.

Begitu rombongan datang langsung diberlakukan protokol kesehatan mulai dari penyemprotan desinfektan masuk ke gawang desinfektan otomatis, tes suhu, cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, ditanya riwayat perjalanan dan memiliki penyakit komorbit tidak, setelah itu dijelaskan protokol kesehatan yang dilakukan gugus covid Madrsah dalam simulasi kegiatan Pembelajaran Tatap Muka oleh Riyadul Maki Aji M, S.Pd. selaku wakil ketua gugus covid madrasah sambil meninjau ke ruang kelas, ruang guru, ruang kantor, ruang UKS dan lingkungan madrasah.

Kami sudah pingin sekali melaksanakan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka, karena ternyata banyak sekali kendala yang dihadapi dalam pembelajaran Darring, masalah HP, Quota, Orang Tua stres jadi guru dirumah, bahkan ada Hp yang digadaikan orang tua karena untuk menyambung kebutuhan hidup sehari-hari.  Kami sudah mempersiapkan semaksimal mungkin sarana dan prasarana, kami mohon untuk dinilai dan diberi masukan untuk sempurnanya prokes sehingga nantinya kami lebih siap untuk melaksanakan PTM, demikian disampaikan H. Akhmad Taukhid, M.Pd. selaku Kepala Madrasah MTs Negeri 3 Banyumas.

Basuki Rohman Rohman selaku Ketua Rombongan sekaligus Kesbangpol Kabupaten Banyumas ada sedikit masukan yaitu untuk meja guru tidak perlu dikasih taplak, SOP Ditempel di Kelas, Kesepakatan 3 Menteri yaitu 5 M untuk di cetak lebih besar, daftar riwayat perjalanan anak dan orang tua, diawal pembelajaran nantinya guru yang mengajar menerangkan tentang Pandemi Covid-19, menjadikan Siswa Madrasah sebagai agen perubahan dalam lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar tempat tinggalnya, dan sebaiknya UKS itu lebar seukuran ruang kelas dibedakan antara putra dan putri serta dekat dengan akses jalan.

Untuk dr. Anwar dari Dinas Kesehatan menekankan pada siswa yang dari atau tinggal di Pondok Pesantren, untuk bekerjasama tentang informasi dengan pondok pesantren, dan lebih ketat jikalau anak atau anak pondok ada yang sakit sebaiknya siswa tersebut tidak usah masuk dan bekerjasama dengan puskesmas untuk memeriksanya.

Setelah berkeliling memeriksa kesiapan sarana dan prasarana uji coba PTM, langsung dilaksanakan seremonial penyambutan dan evaluasi di halaman MTs N3 Banyumas dengan acara pembukaan, menyanyikan lagu wajib indonesia raya, sambutan-sambutan, do’a dan penutup.  Acara selesai pada pukul 11.30 WIB langsung rombongan kondur. (ery/ozy)