Sosialisasi RDM di MIN 1 Banyumas

Oleh MIN 1 Banyumas
SHARE

Purwokerto : MIN 1 Banyumas mengadakan kegiatan sosialisasi Rapot Digital Madrasah (RDM) bertempat di ruang aula MIN 1 Banyumas. Acara sosialisasi RDM dipandu oleh Wakil Ketua Bagian Kurikulum MIN 1 Banyumas yaitu Toni Agung Prasetio, S.Pd.I., Senin, (29/11)

Aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM) diharapkan dapat mendukung program Madrasah Digital di Kementerian Agama, agar dapat memberikan layanan yang cepat, tepat, dan akurat kepada seluruh warga madrasah. Akses Aplikasi RDM dibuat fleksibel, artinya pengguna dapat memilih sendiri tahun ajaran dan semester untuk melakukan penilaian maupun pemantauan data nilai.

Dibantu oleh tenaga teknis bagian Information and Technology (IT) di MIN 1 Banyumas, Nur Bakin, Toni menyampaikan bahwa Rapor Digital Madrasah (RDM) merupakan aplikasi pengolahan nilai peserta didik. Aplikasi RDM dijadikan sebagai pengganti dari Aplikasi Rapor Digital (ARD) yang sudah berjalan kurang lebih dua tahun.

Sosialisasi ini dimulai dengan membuat akun untuk masuk ke RDM yang sebelumnya sudah diinput data oleh operator madrasah. Setelah mengaktifkan akun RDM yang dilakukan oleh masing-masing guru yang bersangkutan, langkah berikutnya adalah guru untuk melengkapi data pribadi yang diperlukan dalam aplikasi.

Setelah masuk akun RDM dengan username dan password masing-masing, langkah berikutnya adalah melengkapi data yang diperlukan, terlebih dahulu silakan mengubah profil masing-masing. terang Toni.

“Tujuan Pengembangan RDM adalah mewujudkan madrasah berbasis digital dengan pemanfatan teknologi informasi secara optimal, efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan penilaian hasil belajar, dan madrasah dapat memberi layanan data secara cepat, tepat,dan akurat.” jelas Toni.td.