Sosialisasi Kartu Nikah Digital

Oleh KUA Purwokerto Timur
SHARE

Purwokerto Timur, “ Mohon disosialisasikan kepada masyarakat, bahwa mulai Agustus 2021 Kementerian Agama meluncurkan kartu nikah digital yang mulai dirilis pada akhir Mei 2021”, demikian paparan Kepala KUA Purwokerto Timur  Yudhy Bachtiar Tri Putro  yang disampaikan oleh Sugiarto pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Kec. Purwokerto Timur (1/9/21).

Disamping mendapatkan Buku Nikah mulai tahun 2021 pengantin yang menikah juga mendapatkan kartu nikah digital sesuai Surat Edaran Ditjen Bimas Islam Nomor B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 terkait Penggunaan Kartu Nikah Digital.

Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi yang menuntut masyarakat bisa mengakses fasilitas pemerintah secara cepat, tepat dan akurat maka kartu nikah digital diluncurkan Kementerian Agama agar masyarakat tidak perlu membawa buku nikah apabila sedang bepergian berdua atau tinggal di daerah yang baru.

“Kelebihan mempunyai Kartu Nikah Digital adalah praktis, bisa di cetak di mana saja, kalau hilang, mudah mengaktifkannya, dan orang tidak perlu membawa buku nikah kalau sedang bepergian dengan pasangannya di tempat yang baru”.

Di tempat terpisah Kepala KUA juga menyampaikan bahwa adanya PPKM, pelayanan pernikahan di KUA juga mengalami penyesuaian seperti catin harus menyerahkan hasil swabtest, pendaftaran nikah secara online maupun pembatasan orang yang hadir pada acara ijab kabul.

“Untuk mendaftar nikah pada masa PPKM, setelah dokumen diterima dari Kelurahan, catin harus mendaftar secara online terlebih dahulu melalui kanal https://simkah.kemenag.go.id/ atau klik SimkahWeb, setelah data masuk, baru menyerahkan dokumen nikah ke KUA untuk diadakan pemeriksaan” katanya.

Yudhy Bachtiar Tri Putro,SH juga menyampaikan bahwa orang yang menikah sebelum tahun 2021 juga bisa mendapatkan kartu nikah digital dengan syarat mendaftar ke KUA terlebih dahulu.

“Bagi yang menikah sebelum tahun 2021 apabila menghendaki karu Nikah digital harus mengajukan permohonan ke KUA dengan melampirkan foto copy buku nikah, foto copy KTP suami istri dan KK serta no HP/alamat email”.(gie)