Sosialisasi dan Pelatihan Penulisan Ijazah

Oleh MIN 1 Banyumas
SHARE

MIN1BANYUMAS – Kementerian Agama Kabupaten Banyumas membagikan blanko ijazah kelulusan peserta didik kelas VI Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Banyumas. MIN 1 Banyumas telah mengambil blanko ijazah tersebut. Tiga tenaga pendidik MIN 1 Banyumas, yaitu Heru Budi Santoso, S.Pd.I., Jauharin Fathimah, S.Ag., dan Luqmanul Hakim, S.Pd.I. yang ditetapkan sebagai tim penulis ijazah kemudian mengikuti Pelatihan Penulisan Ijazah yang dilaksanakan melalui zoom meeting. Kegiatan Pelatihan Penulisan Ijazah dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Juli 2021, dengan dipandu oleh staf Penma Kemenag Kabupaten Banyumas, Aji Kuswanto.

Dalam sosialisasi yang disampaikan oleh Aji Kuswanto, bahwa penulisan ijazah harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Oleh karena itu, setiap madrasah harus membentuk tim yang terdiri atas beberapa orang.

Tim penulis ijazah yang ideal harus terdiri atas konseptor, kualiditas penulisan, dan koreksi.” jelas Aji Kuswanto.

Lebih lanjut pesan Aji adalah agar para penulis Ijazah berhati-hati untuk meminimalisir adanya kesalahan penulisan ijazah mengingat stok cadangan blanko ijazah sangat terbatas.

Salah satu tim penulis ijazah MIN 1 Banyumas, Heru Budi Santoso, S.Pd.I. menyampaikan kesannya mengikuti Pelatihan Penulisan Ijazah tersebut, “Meskipun melalui daring/zoom, dengan adanya sosialisasi penulisan ijazah dapat memberikan manfaat yang cukup besar kepada para penulis ijazah. Kami para penulis jadi punya gambaran tata cara penulisan ijazah, walau dari tahun ke tahun hampir sama aturannya.”td.