Serba-Serbi Awal Tahun Pelajaran 2021/2022 MIN 1 Banyumas

Oleh MIN 1 Banyumas
SHARE

MIN1BANYUMAS – Menyambut tahun pelajaran 2021/2022, Kepala MIN 1 Banyumas, H. Saridin, S.Ag., M.Pd.I. meminta kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan MIN 1 Banyumas agar pembelajaran pada masa pandemi dilakukan dengan aman dan nyaman. Penyelenggaraan pembelajaran harus tetap mengacu pada Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri dan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali serta 15 Kabupaten/Kota lainnya.

Lebih lanjut beliau menerangkan bahwa dalam rangka pembelajaran pada tahun pelajaran baru 2021/2022, MIN 1 Banyumas perlu melakukan adaptasi kurikulum sesuai konteks regulasi pemerintah dalam kondisi khusus terakhir sebagai konsekuensi adanya masa pandemi. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus dijadikan rujukan oleh MIN 1 Banyumas dalam mereview kurikulum dengan tujuan untuk memberikan fleksibilitas bagi para guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Setelah dilakukan review Kurikulum, kepala madrasah membentuk Tim Pengembang Kurikulum yang bertugas untuk menyusun dan mengembangkan kurikulum MIN 1 Banyumas tahun pelajaran 2021/2022 sesuai dengan aturan pemerintah dan melihat kebutuhan pembelajaran di MIN 1 Banyumas serta mengapresiasi permintaan wali murid.

Termasuk dalam pelaksanaan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) peserta didik baru tahun pelajaran 2021/2022. Matsama merupakan awal masuk madrasah yang menjadi pintu gerbang pertama dalam mengenalkan lingkungan madrasah dan menggali potensi-potensi peserta didik. Menurut H. Saridin, S.Ag., M.Pd.I., MIN 1 Banyumas harus tetap berusaha memberikan pelayanan sebaik-baiknya. Karena itu, Matsama yang bertujuan untuk pengenalan lingkungan madrasah pada awal tahun pelajaran ini dibuat sekreatif dan sebagus mungkin. Meskipun melalui virtual, guru-guru kelas dipandu Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Toni Agung Prasetio, S.Pd.I. melaksanakan zoom meeting dengan peserta didik. Seluruh rangkaian kegiatan Matsama bersifat edukatif, menumbuhkan kreatifitas, dan inovasi kepada para peserta didik sehingga diharapkan dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan menumbuhkan rasa mencintai madrasah.td.