PURWOKERTO TIMUR SIAP AMANKAN PPKM (MEMINDAHKAN KERUMUNAN DARI LUAR KE KUA?)

Oleh KUA Purwokerto Timur
SHARE

Purwokerto Timur, “Berdasarkan informasi dari pemerintah pusat, Kabupaten Banyumas masuk dalam daerah yang menerapkan PPKM Darurat level 4. Hal ini mengingat temuan kasus harian positif Covid-19 ada di atas 150 kasus per hari” kata Drs Kristanto,Msi mengawali Rapat Koordinasi Forkompincam di Aula Kec. Purwokerto Timur (3/7).

Rakor yang dihadiri Kapolsek, Danramil, Kapuskesmas, Kepala KUA dan Lurah se Kec. Purwokerto Timur tersebut membahas pelaksanaan PPKM Darurat di Kec Purwokerto Timur.

Menurut Kristanto, Kec. Purwokerto Timur harus sangat waspada karena Covid Varian Delta sudah menyebar ke Kab. Banyumas.

“Ada indikasi Virus Covid varian Delta yang berasal dari India sudah menyebar di Indonesia, di Jawa Tengah yang terdeteksi berawal dari Kab. Kudus dan sekarang telah menyebar di hampir seluruh Jawa Tengah, termasuk Banyumas” katanya.

Sementara itu kaitannya dengan kegiatan pelayanan pernikahan dan keagamaan di Kec. Purwokerto Timur, Kepala KUA mengatakan :“Menyikapi kebijakan Pemerintah tentang PPKM Darurat, pelayanan KUA dilakukan secara online dan pernikahan dilaksanakan hanya bagi yang telah mendaftar sesuai jadwal, dan dilaksanakan di KUA”.

“Kami (KUA) mohon Satgas Covid Kecamatan untuk membantu pengawasan di KUA, terutama saat terjadi pernikahan dari luar daerah, karena pernikahan yang hanya dilaksanakan di KUA seolah pemindahan kerumunan dari luar ke KUA. Seperti pernah terjadi minggu lalu di KUA rombongan pengantin dari Brebes, rombongan pengantin berkerumun di KUA” kata Yudhy Bachtiar Tri Putro, SH.

Membahas persiapan Idul Adha Camat Purwokerto Timur mengamanatkan supaya semua pihak yang terkait, terutama KUA dengan jajaran penyuluhnya untuk melaksanakan segala kegiatan dengan berpedoman pada PPKM Darurat dengan sungguh-sungguh.

“Kami mohon kepada KUA untuk bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, dan memberdayakan penyuluh di KUA Kec. Purwokerto Timur untuk mensosialisasikan Prokes selama PPKM Darurat, terutama masalah penyembelihan hewan qurban agar dikondisikan di TPH, termasuk beribadah dan berdo’a agar dilaksanakan di rumah masing masing” tegasnya.

“Segera dikoordinasikan dengan Satgas, Kelurahan dan Takmir masjid/penanggung jawab tempat ibadah untuk melaksanakan PPKM Darurat sampai dengan tanggal 20 Juli untuk menekan laju penyebaran Covid-19, terutama varian Delta yang ternyata lebih ganas dan membahayakan” (gie)