POST SCHOLA MATERNA

Oleh KUA Purwokerto Timur
SHARE

Usia dini adalah usia yang akan sangat menentukan masa depan si anak disebut juga dengan golden age. Oleh karena itu penting untuk memberikan pendidikan yang tepat dengan mengembangkan kebiasaan nilai-nilai positif sejak dini.

Orang tua mempunya tugas untuk selalu mencari cara serta berusaha untuk mendidik anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Dalam Islam anak dipercaya sebagai aset dan ladang pahala untuk orang tuanya sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim ”Rasulullah SAW bersabda: jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa anak yang sholeh”.

 

Untuk mendidik anak agar bisa menjadi anak yang lebih mengenal pendidikan islami, orangtua harus mulai menanamkannya dari usia kecil hingga saat dewasa, anak akan mulai terbiasa untuk beribadah kepada Allah SWT.

Sebelum berusia 6 tahun anak mengalami fase Scola Materna artinya anak mengalami perkembangan fisik dan dan psikhis serta mengenal bahasa melalui ibu dan orang dewasa disekitarnya.

Orang tua mendidik anaknya dengan mulai menanamkan serta mengenalkannya tentang nilai takwa. Pengetahuan islam yang sudah ditanamkan sejak kecil akan membantu anak tumbuh dan berkembang menjadi anak yang lebih kuat dan di jalan yang benar.

Rasullullah bersabda dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah “muliakanlah anak-anak kalian dan didiklah mereka dengan budi pekerti yang luhur”.

 

Ada 4 manfaat memberikan pendidikan agama sejak dini yakni mengenal Allah sejak dini, lebih mudah diserap dan ditiru,dapat menanamkan keyakinan dan keimanan yang kuat dan mulai memahami agama dan karakter sejak dini.

Perkembangan dinamika keagamaan di masyarakat dan dorongan dari jamaah untuk membuat lingkungan keberagamaan bagi anak-anak di kelurahan Kranji mendorong Jatmini salah satu Penyuluh Agama Kecamatan Purwokerto Timur untuk

Mendidik anak-anak melalui TPQ Arofah di RT 06/01 Kranji.

Menurut Jatmini dengan adanya lembaga pendidikan ini akan membantu anak lebih memahami pendidikan agama sejak dini dengan bantuan dari orang tua melalui motivasi dan doa dari orang tua.

Kegiatan di TPQ Arofah meliputi baca tulis Al Qur’an, hafalan doa sehari-hari, tata cara sholat dan sebagainya.

“Alhamdulillah, anak-anak lingkungn RT 06 cukup aktif mengikuti pengajian di TPQ sehingga banyak yang sudah mampu membaca Al Qur an maupun bacaan sholat”, kata Jatmini di sela kegiatan tadarrus bersama di Musholla Al Ikhlas KUA Purwokerto Timur Senin (3/5/2021).

Sementara itu kepala KUA Kec. Purwokerto Timur,Yudhy Bachtiar Tri Putro, SH dalam sambutan Khotmil Qur’an beberapa waktu yang lalu mengatakan, “Penyuluh harus peka dan kreatif dalam melayani masyarakat sehingga kehadirannya benar-benar dibutuhkan, seperti membantu orang tua menanamkan nilai-nilai agama melalui Taman Pendidikan Al Qur’an atau majlis taklim”.(gie)