Pengawas Harus Bisa Mengembangkan Kerjasama

Oleh Yudi
SHARE

Purwokerto : " Pengawas harus bisa mengembangkan kerjasama yang harmonis dengan warga madrasah, harus bisa membangkitkan dan merancang semangat guru dan warga madrasah dalam pelaksanaan tugas masing masing." Hal tersebut disampaikan oleh kepala kantor Kemenag Kabupaten Banyumas Drs.H.Akhsin Aedi, M.Ag didampingi Kasi Pendma Edi Sungkowo dalam acara sosialisasi KMA 624 / 2021 tentang supervisi pembelajaran yang diadakan di aula Al Ikhlas kantor Kemenag kabupaten Banyumas bagi 18 pengawas madrasah , Rabu (17/11)

Penerapan KMA 624  sebagai panduan  dalam melaksanakan  supervisi  pembelajaran pada  tahapan perencanaan,  pelaksanaan dan  penilaian  pembelajaran.

Kasi Pendma Edi Sungkowo menyampaikan bahwa  tujun ditetapkan KMA 624/2021 adalah untuk  mewujudkan  penjaminan,  pengendalian dan  perbaikan mutu  pembelajaran sesuai  dengan tuntutan  kompetensi abad-21.

Supervisi pembelajran berdasarkan KMA tersebut dilaksanakan untuk menghindari praktik  semata-mata penilaian  terhadap guru, namun  sebagai upaya  mewujudkan  pengelolaan  pembelajaran yang  profesional.” Jelasnya.

Ditempat yang sama kepala Kantor kementerian Agama Drs. H. Akhsin Aedi, M.Ag dalam pembinaannya menyampaikan bahwa pengawas hendaknya melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik  antara lain Developing ( membina dan mengembangkan madrasah) , Monitoring ( memantau sesuai aturan ), Evaluating ( menilai), Supervising ( Supervisi), Advising ( Nasihat/ advis), Cordinating ( Koordinasi), Reserching ( penelitian ), Reporting ( melaporakan ).tum