Pembinaan Pengelolaan Madrasah Berasrama oleh Direktur KSKK

Oleh MIN 1 Banyumas
SHARE

Purwokerto : Madrasah Berasrama adalah madrasah yang menyelenggarakan pembelajaran di asrama di luar pembelajaran formal sehingga peserta didik tinggal di asrama madrasah. Madrasah Berasrama didirikan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia di masa depan yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki pengetahuan nilai karakter, moderasi beragama, serta memiliki wawasan kebangsaan dan ke-Indonesia-an yang kuat.

Jumat, 26 November 2021, Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Kementrian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Moh. Isom Yusqi, M.Ag. beserta rombongan hadir meninjau langsung asrama MIN 1 Banyumas. Kehadiran beliau di MIN 1 Banyumas adalah dalam rangka Pembinaan Pengelolaan Madrasah Berasrama. Dalam acara ini tamu rombongan disuguhi dengan alunan musik gamelan yang dimainkan oleh guru-guru MIN 1 Banyumas.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam percaturan pendidikan di dunia, madrasah belum hegemonik. Tugas madrasah saat ini bukan lagi menjadikan madrasah yang hebat bermartabat, tapi kita harus menjadikan madrasah yang mandiri dan berprestasi.

“.Madrasah kini tidak lagi madrasah yang hebat bermartabat, tapi kita harus menjadikan madrasah ini mandiri dan berprestasi. Mandiri dalam berakhlak, mandiri belajar, dan juga berprestasi. Karena dalam percaturan pendidikan dunia, Indonesia pada umumnya dan khususnya madrasah belum bisa hegemonik dan belum mampu mengubah peringkat PISA yang masih rendah.” ungkap Prof. Dr. H. Moh. Isom Yusqi, M.Ag..

Madrasah berasrama merupakan penjelmaan dari pesantren-pesantren modern di madrasah, yang membedakan adalah pesantren ada sanad ilmu, tarekat, riyadah, kitab, dan kyai. Prof. Dr. H. Moh. Isom Yusqi, M.Ag. menjelaskan bahwa hal yang terpenting dalam berasrama adalah ada kyai yang memiliki ilmu bagus, ubudiyah bagus dan akhlak bagus. Beliau juga menyampaikan bahwa digitalisasi madrasah menjadi hal yang sangat penting di era digital.

“Digitalisasi madrasah menjadi hal yang sangat penting karena jika smart classroom sudah kuat, kita bisa menjangkau segala arah, kita bisa kemana-mana, dan kita juga bisa mendatangkan guru dari mana saja. Selain itu, pendidikan karakter juga harus berada dalam alam nyata. Madrasah berasrama harus mampu menunjukkan distinctive dan excelent atau pembeda dan unggulan.” pungkas beliau.

Pada akhir acara, Prof. Dr. H. Moh. Isom Yusqi, M.Ag. memberikan pesan yang tertulis dalam bingkai madrasah. Pesan ini memberi gambaran bahwa MIN 1 Banyumas adalah madrasah yang indah, asri, dan sejuk sehingga dapat membangkitkan semangat dan cinta belajar.

Hadir dalam acara ini, Edi Sungkowo, S.Pd., M.Pd. mewakili Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas, dalam sambutannya beliau menyampaiakan ucapan terima kasih kepada Direktur KSKK, Prof. Dr. H. Moh. Isom Yusqi, M.Ag. atas apresiasi yang luar biasa terhadap madrasah di lingkungan Kabupaten Banyumas.

Besar harapan kami semoga Madrasah Bersama antara MIN 1 Banyumas, MTsN 1 Banyumas, dan MAN 2 Banyumas segera terwujud.” ungkap Edi Sungkowo.td.