Pelatihan Aplikasi Integrasi Sertifikat Elektronik Pada Sistem Informasi Di Kementerian Agama

Oleh Yudi
SHARE

Purwokerto : Kantor Kementerian Agama Indonesia menggelar pelatihan  penggunaan  Integrasi Sertifikat Elektronik Pada Sistem Informasi sipbi.ver 02.  Di Kementerian Agama. Kegiatan yang diadakan secara daring melalui zoom meeting diikuti oleh seluruh administrator  kantor Kemenag kabupaten kota se Indonesia, dengan nara sumber dari tim IT Kementerian Agama RI ( Selasa, 27/07)

Pelatihan ini diadakan  dengan tujuan pemahaman tatacara pendistribusian surat keluar dan masuk secara sistim dalam aplikasi yang sudah tersedia . Penggunaan aplikasi ini akan memudahkan pengontrolan dan pemantauan alur surat baik masuk ataupun keluar, sudah di setujui atapun belum serta traking surat tersebut. Penggunaan aplikasi sipbi versi 02 ini dibuat dalam dua versi yaitu berbasis website dan berbasis mobile.

Kepala kantor Kemenag Banyumas Drs. H. Akhsin Aedi, M.Ag  menyatakan bahwa penggunaan aplikasi persuratan berbasis sistim atau aplikasi ini  bisa memberikan pelayanan prima dan peningkatan profesionalitas dalam  mempercepat dan perbaikan tata persuratan, memudahkan untuk memantau, pengontrolan dan pelayanan secara cepat dan tepat.

" Nantinya pada saat ada orang yang menanyakan surat tertentu bisa dilacak dengan cepat sudah sampai dimana surat tersebut, apakah aplikasi ini bisa diterapkan di kantor Kemenag Banyumas atau tidak, ini  harus  dipersiapkan terlebih  dahulu,  mulai dari SDM yang akan bertanggungjawab sebagai operatornya dan semua pihak yang berkepentingan disini , hal  ini untuk menghindari kesalahan dalam proses pelaksanaan." ungkapnya (yudi)