MTs Negeri 1 Banyumas Laksanakan Gladi ANBK

Oleh Yudi
SHARE

Purwokerto :  MTs Negeri 1 Banyumas melaksankaan gladi ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) pada hari senin 13 September bertempat di laboratorium Komputer setempat, kegiatan ini  diikuti 45 peserta yang terbagi menjadi 3 ruangan dalam 1 sesi, setiap ruangan berisi 15 Siswa ditambah petugas proktor. (Selasa , 14/09)

ANBK  adalah penilaian yang dilakukan di setiap jenjang sekolah, mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan sederajat. Berbeda dengan UNBK yang dilaksanakan pada akhir tahun sekolah, ANBK dikerjakan di kelas 5 SD, 8 SMP, dan 11 SMA.   Program ANBK tidak akan mengevaluasi capaian murid secara individu, tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil.

" ANBK diselenggarakan untuk mengukur penguasaan kompetensi dan karakter serta bertujuan untuk peningkatan kualitas proses pembelajaran dan Madrasah. Untuk itu, kalian harus dapat mengerjakan asesmen sebaik dan semaksimal mungkin. Kalian adalah anak-anak yang terpilih sebagai peserta ANBK. Kalian adalah anak-anak yang hebat, yang akan menjadi wakil madrasah mewujudkan madrasah mandiri dan berprestasi." tutur Istikomah selaku Waka bidang Kurikulum saat memberikan motivasi kepada seluruh peserta.

Dalam kesempatan yang sama, Sudir selaku Kepala MTs N 1 Banyumas menyampaikan bahwa ANBK merupakan program pemerintah pengganti UNBK sebagai penilaian terhadap mutu Madrasah pada jenjang dasar dan menengah.

" ANBK bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah Madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi siswa. Peserta Asesmen Nasional adalah peserta didik kelas 7, 8 dan 9. Peserta (siswa) adalah sampel yang dipilih secara acak. Hasil yang di harapkan adalah Asesmen Nasional (AN) untuk memantau dan mengevaluasi sistem Pendidikan dasar dan menengah, AN bukan Evaluasi individu Siswa. Hasil AN harus dapat ditindaklanjuti sebagai upaya perbaikan mutu pendidikan dan pemetaan potret dan mutu MTs/SMP. "  tutur Sudir (TRM/yud)