Matangkan Program, MGMP PAI SMA Kab. Banyumas Gelar Koordinasi Secara Luring

Oleh seksi pais
SHARE

Purwokerto: Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP PAI) SMA Kabupaten Banyumas menggelar kegiatan Rapat Koordinasi dalam rangka memantapkan Program Kerja MGMP PAI SMA. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Patikraja pada Selasa (30/11) yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Patikraja, Pembina MGMP PAI SMA dan pengurus MGMP PAI SMA baik harian maupun seksi bidang.

Dudiyono, selaku ketua MGMP PAI SMA Kabupaten Banyumas menyampaikan, “Kegiatan rapat kordinasi kali ini adalah untuk memantapkan program yang pernah dibahas sebelumnya secara virtual beberapa minggu yang lalu. Senyampang dengan itu juga untuk menindaklanjuti hasil rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA dan MGMP SMA di Kabupaten Banyumas, dimana salah satu hasil dari koordinasi tersebut masing-masing MGMP supaya menyusun Program Kerja untuk satu tahun kedepan”, jelasnya.

“Kegiatan tanpa program tidak akan terarah, demikian juga program tanpa kegiatan adalah hayalan. Oleh karenanya perlu dimantapkan program yang disusun dan realistis sehingga dapat dilaksanakan oleh MGMP PAI. Untuk menjalankan roda organisasi diperlukan program-program unggulan yang riil yang telah diusun dan dibahas oleh masing-masing seksi bidang dan sudah diplenokan secara virtual beberapa minggu kemarin. Sekarang saatnya kita memantapkan program-program tersebut dan menngacu skala prioritas untuk dilaksanakan pada satu tahun kedepan”, ungkapnya.

Masih menurut Dudi, “dari sekian banyak program di setiap seksi bidang, diantara yang urgen dan penting untuk dilaksanakan adalah pelaksanaan Kemah Rohis Virtual yang akan dilaksanakan pada pertengahan Desember 2021, penataan organisasi dan pendataan anggota melalui KTA MGMP PAI dan konsolidasi organisasi dengan membangun visi dan misi yang sama antara pengurus dan sesama anggota untuk memajukan organisasi. Untuk mewujudkan visi yang sama dan ada keakraban diagendakan untuk melaksanakan studi banding ke salah satu SMA yang memiliki kemajuan dibidang Laboratorium PAI di Magelang dan rihlah semua pengurus dan Anggota MGMP yang akan rencananya dilaksanakan Januari 2022 mendatang”, pungkasnya.

Nastiti Puji Rahayu, selaku Kepala SMAN 1 Patikraja dalam sambutan pada acara tersebut menyampaikan, “alhamdulillah sekolah kami ketempatan MGMP oleh GPAI yang luar biasa, karena GPAI memiliki peranan yang strategis dalam membangun peserta didik memiliki karakter yang unggul. Oleh karenanya dalam koordinasi MGMP kali ini semoga program-program yang ada tentunya arahnya adalah untuk membangun moralitas, karakter serta pribadi peserta didik yang memiliki iman dan taqwa yang kuat”, ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, “bahwa untuk kegiatan MGMP sekarang ini berdasarkan rapat Koordinasi dengan MKKS di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X dapat dianggarkan dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Anggaran tersebut dapat berupa Transport untuk GPAI yang mengikuti kegiatan MGMP yang dilaksanakan di luar Kecamatan dan subsidi untuk kontribusi konsumsi”, jelasnya.

“Guru PAI itu luar biasa karena dapat hidup di dua alam, yakni alam Dinas Pendidikan di satu sisi dan pada sisi yang lain di Kementerian Agama. Semoga kedepan karena GPAI hidup di dua alam ini akan semakin baik dalam peningkatan kompetensi dan memberikan pelayanan pembelajaran kepada peserta didik untuk menuju peserta didik yang bagus karaknternya”, pungkas Nastiti. (Du)