Manfaatkan Pandemi Malah Menjadi Pemenang Lomba Menulis

Oleh MIN 1 Banyumas
SHARE

Purwokerto–Pandemi awalnya dipenuhi berbagai keluh-kesah yang tak kunjung meredam oleh banyak orang, tapi tidak bagi Serli Susilowati, S.Pd., guru MIN 1 Banyumas. Baginya justru pandemi dimanfaatkan untuk aktif dalam menulis. Awal mulanya Serli menulis adalah saat mengikuti Lomba Cipta Puisi yang diselenggarakan oleh Sekolah Menulis Wadas Kelir. Dalam lomba ini, puisi karyanya berhasil menjadi dua puluh karya terbaik. Diantara buku yang ditulisnya adalah buku dengan tema “Kasih Guru Tidak Terbilang” yang telah diserahkan pada hari Selasa, (27/4/21) kepada Kepala MIN 1 Banyumas, H. Saridin, S.Ag., M.Pd.I.

Kepala MIN 1 Banyumas, H. Saridin, S.Ag., M.Pd.I., dalam penyampaiannya saat menerima buku, mengucapkan terima kasih atas karya dan dedikasinya dalam berkarya juga yang telah mengharumkan nama baik sekolah. Kami bertekad akan terus memberi suport kepada guru-guru dan siswa MIN 1 Banyumas untuk aktif menulis dalam rangka menanamkan budaya berliterasi.

“Menulis adalah cara kita mencairkan segala ide yang menggunung, mengabadikan kisah, mengikat makna, dan menebar manfaat.” ucap Saridin.

Sementara dalam kesempatan itu pula Serli mengatakan, Mediaguru adalah wadah terbesar yang merupakan kumpulan para guru penulis seluruh Indonesia. Dalam periode Desember, Mediaguru mengadakan event Lomba Menulis Buku dengan tema Kasih Guru Tidak Terbilang.

“Alhamdulillah dalam event ini saya berhasil masuk ke dalam jajaran para pemenang lomba, yang tentunya sangat senang karena di masa pandemi bisa berkarya,” jelas Serli dengan penuh rasa bangga dan wajah penuh ceria.

Hingga saat ini Serli telah menulis beberapa buku, diantaranya Buku Temu, Menjadi Aku, Merajut Asa Meraih Mimpi Menjadi Penulis, Cerita Hujan, Buku Travelling, Kumpulan Puisi Se-Antara Aku dan Yogya, Kumpulan Puisi Antara, Cerita Anak Kancil Tidak Suka Mencuri, Rumput dan Bu Tani, Hibbat Kak San, Warna Kasih Ibu, dan buku indie Segenap Jiwa Ibu, serta beberapa cerpen yang dimuat dalam E-Magazine Yogyakarta (td/mdr).