Madrasah Wajib Sosialisasikan SOP PTM Terbatas

Oleh seksi penma
SHARE

PURWOKERTO - Satgas Covid 19 Kabupaten Banyumas meminta madrasah mensosialisasikan SOP Pelaksanaan PTM terbatas kepada peserta didik dan wali murid. Hal ini ditegaskan oleh Basuki Rahmat dari Kesbangpol Kabupaten Banyumas saat memverifikasi PTM terbatas pada MIMA Kedungwringin Patikraja, Selasa (14/9).

"Kami mohon SOP PTM terbatas yang dari SKB 4 Menteri itu dipasang di tiap kelas dan dijelaskan kepada anak-anak. Dari sebelum berangkat, ketika sampai di madrasah, saat belajar dan sampai pulang ke rumah apa saja yang harus dilakukan ini disosialisasikan kepada siswa dan wali siswa", terangnya.

Selain itu, lanjut Basuki, KIE atau alat alat peraga seperti banner dan poster poster tentang protokol kesehatan agar diperbarui dan diperbanyak, dipajang ditiap kelas sehingga dapat diamalkan oleh segenap warga madrasah dan masyarakat sekitar. 

Keberadaan UKS juga pada pandemi seperti ini sangat penting. Madrasah perlu menempatkan UKS dengan akses yang mudah dijangkau. "Sehingga ketika ada emergency, lebih mudah dilakukan tindakan", tegas Basuki. 

Sementara itu, perwakilan Dinas Kesehatan, dr. Anwar meminta satgas di madrasah selalu memantau kesehatan dan protokol kesehatan siswa, baik ketika masuk sekolah maupun sudah di dalam kelas. "Ada satu petugas yang melakukan sweeping ke kelas, untuk memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan benar", ujarnya. 

Kasi Pendidikan Madrasah, Edi Sungkowo menjelaskan bahwa Kemenag Banyumas memohon ijin kepada Bupati Banyumas untuk melaksanakan PTM Terbatas semua madrasah di Kabupaten Banyumas baik RA, MI, MTs dan MA. 

Edi Sungkowo menambahkan bahwa Kemenag telah mengerahkan pengawas, kepala madrasah dan guru untuk dapat memenuhi sarana prasarana yang mendukung PTM Terbatas di madrasah masing-masing.

Hari ini (14/9) Satgas mensampling 8 madrasah di wilayah kecamatan Patikraja diantaranya MI Ma'arif Kedungwringin, MI Muhammadiyah Sidabowa, MTs Ma'arif Patikraja, MI Ma'arif Kedungrandu, MI Ma'arif Patikraja, MTs Muhammadiyah Patikraja, MI Ma'arif Notog dan MI Ma'arif Kedungwuluh Lor.(ak)