KUA Kecamatan Kembaran Mendata Lembaga Seni Budaya dan Keagamaan Islam Tahun 2021

Oleh Pokjaluh Kabupaten Banyumas
SHARE

Kembaran - Kementerian Agama (Kemenag) mendorong pengembangan dan pelestarian Seni Budaya Islam. Maka dari itu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas melalui Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Kembaran melaksanakan pendataan Lembaga Seni Budaya dan Keagamaan Islam se-Kecamatan Kembaran, Rabu (1/12).

 

Ketika ditemui usai melakukan koordinasi dengan Penyuluh Agama Fungsional, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kembaran Khalim Endri, S.E., S.H.I mengatakan, pendataan Seni Budaya Islam penting dilakukan supaya Seni Budaya Islam bisa terus eksis di tengah gempuran globalisasi dan teknologi yang terus mengikis sendi-sendi nilai kebudayaan dan kesenian masyarakat Indonesia yang religius.

 

“Pendataan lembaga keagamaan/seni budaya Islam merupakan bentuk dukungan dari Pemerintah untuk melestarikan sekaligus mengembangkan lembaga seni keagamaan (Seni Budaya Islam), harapannya melalui seniman muslim Seni Budaya Islam, program-program Pemerintah di bidang seni akan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat,” ujar Khalim.

 

Sementara itu Penyuluh Agama Fungsional Lubab Habiburrohman, M.H. menambahkan untuk melaksanakan pendataan seni budaya Islam, melibatkan Penyuluh Agama Islam Non PNS. 

 

“Untuk optimalisasi program KUA, maka kegiatan pendataan ini melibatkan Penyuluh Agama Islam Non PNS agar pendataan dapat dilaksanakan dengan akurat dan maksimal,” jelas Lubab.