Kemenag Banyumas Gelar Sosialisasi Penulisan Ijasah Madrasah

Oleh Yudi
SHARE

Purwokerto : Kantor Kemenag kabupaten Banyumas melalui Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) menggelar sosialisasi petunjuk teknis penulisan blangko ijasah madrasah bagi RA, MI, MTS dan MA se kabupaten Banyumas. Kegiatan yang dibuka  oleh kepala kantor Kemenag Banyumas Drs. H. Akhsin Aedi, M.Ag dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan diikuti oleh 452  peserta, yang terdiri dari pengawas, guru dan  kepala madrasah ( Kamis, 15/7)

Sosialisasi teknis penulisan blangko ijasah ini menjadi hal penting yang harus disebarkan ke semua madarasah, karena ini berhubungan dengan tata cara serta teknis lainnya yang harus diketahui oleh pihak madrasah sesuai dengan SK Dirjen Pendis Nomor 1835 Tahun 2021 .

Kasi Pendma kantor Kemenag Banyumas Edi Sungkowo menyampaikan bahwa sosialisasi petunjuk teknis penulisan blangko ijasah seperti ini rutin dilakukan oleh kantor Kemenag Banyumas melalui seksi Pendma setiap tahunnya pada akhir tahun ajaran.

“ Dalam dua tahun terakhir yaitu tahun 2020 dan 2021 ini  sosialisasi kami lakukan melalui daring hal ini dikarenakan masih dalam masa pandemi covid-19 . Harapan kami setelah mengikuti sosialisasi ini penulisan blangko ijasah segera diselenggarakan dan hindari kesalahan dalam penulisan karena jumlah ijasah sudah dicetak pas dengan jumlah siswa.” tutur Edi

“ Apabila penulisan ijasah sudah selesai segera dibagi  supaya bisa dimanfaatkan peserta didik, madrasah  tidak boleh menahan ijasah dengan alasan apapun baik dengan orang tua maupun siswa. Satu hal yang penting disampaikan oleh  manajemen madrasah adalah  memotifasi alumni yang lulus untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi  jangan berhenti sampai disitu.” Jelasnya lebih lanjut

Kepala Kantor Kemenag Banyumas Drs. H. Akhsin Aedi, M.Ag dalam sambutannya menekankan  bahwa semua ASN kantor Kemenag kabupaten Banyumas harus bisa menjadi suritauladan bagi masyarakat lain dan menjadi contoh yang baik, protocol kesehatan selalu  harus ditaati dan jangan lupa selalu berdoa kepada Allah dari rumah.

Sebelum  mengisi dan menulis ijasah harus mengikuti 8  langkah tatacara penulisan ijasah  “ Mengikuti sosialisasi penulisan ijasah, menerima blangko ijasah tepat waktu, meneliti kondisi blangko ijasah, mencoba menulis pada foto kopi, menulis sesuai dengan teliti, memperlihatkan kepada orang lain, menghindari kesalahan menulis, membaca doa sebelum menulis.” Pungkasnya ( yudi)