Indeks Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan KUA Purwokerto Timur : Sangat Memuaskan

Oleh KUA Purwokerto Timur
SHARE

Purwokerto Timur, Survei Kepuasan Masyarakat merupakan kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Satuan Kerja.

Tujuannya untuk mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan dan untuk mengetahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan secara periodik.

Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, setiap penyelenggara pelayanan publik, baik yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung wajib menyusun, menetapkan, dan menerapkan standar pelayanan untuk setiap jenis pelayanan sebagai tolak ukur dalam penyelenggaraan pelayanan di lingkungan masing- masing.

KUA Purwokerto Timur salah satu Unit kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas untuk menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) maupun Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) menerapkan Standar Pelayanan Publik untuk setiap jenis pelayanan.

Berdasarkan hasil analisa pada hasil pengukuran terhadap Survei Kepuasan Masyarakat Pelayanan Publik KUA Purwokerto Timur dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum kualitas unsur pelayanan publik KUA Purwokerto Timur dipersepsikan sangat baik dengan Indeks Kepuasan Masyarakat 97% menyatakan sangat puas, sedangkan 3%nya menyatakan puas.

Saputri NK, yang mengajukan pelayanan surat keterangan (6/7) ketika dimintai pendapat tentang pelayanan KUA menyatakan sangat puas.

“Pelayanannya sangat baik dan ramah” katanya ketika diminta tanggapannya.

Berbeda dengan Hanif Setyo Budi dari Purwokerto Lor menyatakan bahwa pelayanan di KUA Purwokerto Timur sangat memuaskan dengan alasan pelayanannya cepat, baik dan sopan.

Dari 97 responden yang di mintai pendapat secara acak pada bulan Mei dan Juni 2021, ada yang dari kalangan ASN, wiraswasta, ada yang pedagang. Ada yang dari wilayah Purwokerto Timur, sebagian dari luar kecamatan, bahkan ada yang dari luar Jawa Tengah menyatakan sangat puas dengan dengan mutu pelayanan KUA Purwokerto Timur.

Salah satu tanggapan masyarakat yang tidak terkait langsung dengan kualitas teknis pelayanan adalah lucu dan suka bercanda, sebagaimana tanggapan Muhammad Firlianto: “Pak Penghulu lucu”, katanya, sedang pendapat Nurul Huda (Sokanegara) ;”pelayanannya ramah, enakan dan suka bercanda”.

Survei juga diambil dari berbagai layanan di KUA sebagian layanan pernikahan, permohonan rekomendasi permohonan duplikat akad nikah, legalisir buku, ada juga seorang mahasiswi yang minta pelayanan data untuk penyusunan Skripsi dengan obyek KUA Purwokerto Timur.

Yudhy Bachtiar Tri Putro, SH selaku Kepala KUA Purwokerto Timur menyatakan bahwa survei kepuasan masyarakat sangat diperlukan untuk mengetahui tingkat kepercayaan dan kepuasan masyarakat terhadap Kinerja KUA.

“ASN KUA Purwokerto Timur harus selalu berpedoman pada Zona Integritas dengan meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi menuju pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik sebagaimana amanat Perpres RI No. 81 Tahun 2010”, katanya. (gie)