Fasprov Dari Jogja Berbagi Ilmu Dengan Guru-guru Bahasa Inggris MTs Banyumas Tiga

Oleh MTs Negeri 3 Banyumas
SHARE

Banyumas - Fasprov Ruslina Tri Astuti, M.Pd.,M.Pd.Bi, dari MTs Negeri 1 Yogyakarta membagikan ilmu di depan guru-guru Bahasa Inggris MTs Banyumas 3 (MGMP Banyumas Jawa Tengah 0005) mengenai UP Pilihan Text Narrative pada hari Rabu (24/11/2021) di Ruang Kelas 7 D MTs Negeri 3 Banyumas. Pelatihan diikuti oleh 28 guru Bahasa Inggris dan tampak sangat antusias mengikutinya. “Selain karena materinya yang menarik, juga penyajiannya yang sangat berbeda terutama karena gaya bahasa dan metode serta model pembelajarannya, bahasanya bahasa bandekan dan lebih lemah lembut kata Mareta salah seorang peserta MGMP.  “Beliau bisa membuka hati dan pikiran saya sebagai seorang pendidik. Beliau mengingatkan bahwa guru harus mempunyai dedikasi yang tinggi dan usahakan perangkat pembelajaran, LKPD, dibuat sendiri sesuai kebutuhan siswa sendiri. Buatlah LKPD yang memudahkan siswa mengenal, memahami dan mengaplikasikan Bahasa Inggris kedalam kehidupan sehari-hari.Buatlah semenarik mungkin agar mereka bisa menyukainya sehingga mereka bisa menyelesaikan tugas dengan menyenangkan tanpa beban, saya sangat puas dan senang dalam kegiatan In 3 kali ini” tambahnya.

Hesti Pamudji selaku sekertaris MGMP Bahasi Inggris MTs Banyumas 3 merasa sangat berbahagia karena dengan mengikuti pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan ketrampilan dalam mengajar dan pengembangan keprofesian bagi guru. Fasprov membuka wawasan peserta bagaimana mengajar dengan benar agar  siswa tertarik dengan pembelajaran. Harapan saya pelatihan ini akan berkelanjutan tidak terhenti sampai disini.

Kegiatan In 3 Pelatihan MGMP Program PKB Guru juga menghadirkan fasda Awalul Mukaromah, S.Pd. Kementerian Agama melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah dalam proyek yang didanai Bank Dunia melaksanakan kegiatan pelatihan berjenjang sampai ke tingkat MGMP sebagai pelatihan MGMP Program PKB guru. Melalui kegiatan pelatihan MGMP Program  PKB Guru Bahasa Inggris MTs diharapkan guru madrasah dapat meningkatkan profesionalisme dan kompetensinya agar lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam mengembangkan mutu dan prestasi kerja pada Madrasah masing-masing.

“Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional harus dikuasai diera sekarang, guru Bahasa Inggris harus punya banyak inovasi seiring perkembangan zaman utamanya mempersiapkan dan menumbuhkembangkan ketrampilan abad 21 yang harus dimiliki siswa.  Apalagi sekarang dunia pendidikan juga sedang berjuang untuk memberikan pendidikan untuk generasi muda bangsa ditengah-tengah masa pemulihan pasca pandemi covid-19”, demikian disampaikan  Kepala Madrasaah MTsN3 Banyumas sekaligus Ketua KKM MTs Banyumas 3 Syarief Hidayat dalam pembukaannya. (Team Reading & Publishing).