Antusias Tenaga Pendidik MTs Negeri 3 Banyumas Mengikuti Sosialisasi RDM

Oleh MTs Negeri 3 Banyumas
SHARE

Banyumas-Proses kegiatan belajar mengajar di MTs N 3 Banyumas untuk semester 1 hampir usai ditandai dengan pelaksanaan PAS dan dibuatnya raport utuk menyampaikan hasil belajar siswa selama 1 semsester. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang menggunakan ARD (Aplikasi Digital Madrasah), untuk tahun ini menggunakan RDM (Raport Digital Madrasah). Sehingga perlu diadakan sosialisasi kepada tenaga pendidik di MTs N 3 Banyumas terkait RDM (Raport Digital Madrasah).

“RDM adalah sebuah keniscayaan, artinya ini menjadi sesuatu yang harus dikuasai oleh para guru dalam melengkapi proses pembelajaran dibagian penilaian.  Dengan RDM maka kapabilitas guru dan akuntabilitas nilai akan mudah dilihat siswa dan orang tua dimana saja dan mudah dianalisaa untuk perbaikan dimasa selanjutnya” kata Syarief Hidayat, S.Ag. selaku Kepala MTsN 3 Banyumas.

Raport Digital Madrasah ini nantinya bisa kita lingkan dengan aplikasi KEREN, sehingga nantinya siswa dan orang tua wali murid dapat melihat nilai ulangan harian, nilai penilaian tengah semester, nilai penilaian akhir semester, nilai tugas dan nilai raport di Ikon KEREN yang ada di Hp para siswa, tambah Syarief Hidayat.

Riyanto selaku operator madrasah menyampaikan bahwa “Pengisian RDM dilaksanakan secara Online dan bisa diisi di Madrasah maupun dirumah, ketika pengisian dilaksakan di madrasah dengan menggunakan link yang sama tapi untuk pengisian RDM dirumah setiap harinya menggunakan link yang berbeda nanti akan dikirim melalui grup whatssapp dinas atau nantinya langsung lewat ikon dan aplokasi prgram KEREN  MTsN 3 Banyumas.

Sosialisasi RDM dilaksanakan pada hari Jum’at 26 November 2021 diruang kelas 8B , dihadiri oleh seluruh Guru MTs Negeri 3 Banyumas. Para guru sangat antusias dalam menyimak dan memperhatikan semua yang dijelaskan secara detail oleh operator madrasah. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari apa yang diperoleh perator madrasah di RM D Gaarden Resto N Hall waktu hari rabu tanggal 17 November 2021 yang diselenggarakan oleh Kanwil Jawa Tengah. RDM aini merupakan penyempurnaan dari ARD dan sekarang wajib digunakan oleh seluruh madrasah.(Team Reading&Publishing)