Aksi Solidaritas SPALI Banyumas

Oleh Mukhdir
SHARE

Purwokerto-Dari hasil tracing sebanyak 21 anggota Polsek Cilongok, yang dinyatakan terpapar COVID-19, dan tujuh anggota lainnya dinyatakan negatif COVID-19. Solidaritas Penyuluh Agama Lintas Iman (SPALI) Kabupaten Banyumas kembali melakukan aksi sosial dengan berbagi masker pada hari Sabtu (5/6/2021). Aksi kali ini diikuti oleh perwakilan Penyuluh Agama dari Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Konghucu dan Kepercayaan terhadap Tuhan YME.

Lubab Habiburrohman selaku Ketua SPALI menyampaikan bahwa aksi social ini kami lakukan dengan cara kampanye serta edukasi. Ratusan masker dibagikan kepada pengunjung objek wisata di Desa Karangsalam Baturraden dan juga warga. Pembagian masker ini juga sekaligus sebagai kampanye serta edukasi dari Penyuluh Agama agar masyarakat selalu disiplin protokol kesehatan. Dengan selalu memakai masker, mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

“Dari segi nilai pembagian masker belum seberapa, tetapi Kami para penyuluh agama ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa fungsi kontrol sosial kita bukan hanya melalui dakwah, tetapi juga melalui aksi nyata, terutama di tengah pandemi Covid-19,” jelas Lubab.

Selain pembagian masker juga diadakan rapat terbatas yang di ikuti perwakilan penyuluh agama untuk menjalin komunikasi, silaturahmi serta program kegiatan berikutnya (lbb).