51 Orang Positif Covid Dari Jamaah Sholat Tarawih

Oleh Yudi
SHARE

Purwokerto : Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein didampingi  wakil Bupati Drs. Sadewo Tri Lastiono memimpin rapat koordinasi penanganan Covid 19 di bulan Ramadhan. Rakor diadakan di Ruang Joko Kaiman Pendopo Si Panji Kabupaten Banyumas, Jumat (30/4).

Hadir dalam Rakor penangan covid 19 Kapolresta Banyumas , Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra,  Ketua,  DPRD Banyumas Dr. Budi Setiawan , Sekda Kabupaten Banyumas Ir. Wahyu Budi Saptono, M.Si Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Banyumas Drs. H. Akhsin Aedi, M.Ag serta tamu undang lainnya

Rapat koordinasi diadakan dalam rangka persiapan menyambut hari raya idul fitri 1442 H serta  ditengah tengah keprihatinan terjadinya penyebaran covid 19 dari jamaah sholat tarawih di  desa pekaja kecamatan Kalibagor dan desa Tanggeran kecamatan Somagede.

Bupati Banyumas Achmad Husein dalam penyampaian paparannya merasa sangat perihatin dengan adanya penyebaran covid 19 dari jamaah sholat tarawih di desa pekaja berjumlah 44 orang dan Tanggeran yang berjumlah 7 orang dan total 51 positif, ini membuktikan bahwa masyarakat belum sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

" Sebetulnya penyebaran covid 19 ini bisa dicegah asal masyarakat dapat menerapkan prokes dengan disiplin dan betul betul diterapkan. Wajib menggunakan masker , pembatasan jumlah kapasitas masjid harus 50 % , jaga jarak serta yang sakit jangan sholat  ke masjid, jadi kalau dilarang jangan pindah ke mushola atau masjid lain. Untuk sementara dua masjid di dua desa tersebut saat ini ditutup dan bagi yang positif akan dievakuasi ke Baturraden " jelasnya.

" Untuk persiapan idul fitri nanti akan dikeluarkan surat edaran yang mengatur takbir dan halal bihalal. Takbir keliling tidak ada , jamaah sholat Ied hanya 50 % dari kapasitas masjid dan itupun hanya khusus untuk warga setempat, Sholat Ied tidak boleh diadakan di lapangan yang memungkinkan akan diikuti orang dari luar serta aktifkan kembali satgas covid 19 di masjid masjid. Dan untuk Kemenag serta semua unsurnya siap mensukseskan serta mensosialisasikan kedesa desa . Harapan kami Banyumas yang saat ini zona oranye bisa menjadi zona hijau. " ujarnya  lebih lanjut .

Ditempat yang sama kepala kantor Kemenang Banyumas Drs. H. Akhsin Aedi, M.Ag  mengatakan bahwa kemenag akan langsung menindaklanjuti temuan ini dan akan berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terkait pelaksanaan sholat tarawih di dua desa tersebut. " Insya Allah kemenag akan langsung menindaklanjuti temuan jamaah tarawih yang positif covid ini, jumlah 51 itu sangat banyak karena hanya terjadi di dua desa, .  Alhamdulillah Jumat pagi tadi Muspika dari kecamatan Kalibagor bersama KUA Kalibagor, penyuluh serta kades se kecamatan Kalibagor telah mengadakan rapat koordinasi terkait penyebaran covid 19 di desa pekaja. " jelas Akhsin Aedi (tum).