36 Jamah Haji Proses Pelimpahan Nomor Porsi

Oleh Yudi
SHARE

Purwoketo : Sebanyak 36 calon jamaah haji pelimpahan porsi kabupaten Banyumas melakukan perekaman biometrik, perekaman ini  dilakukan oleh Kasi Pembatalan dan pendaftaran ditjen PHU kemenag RI H.M . Syarif, S.Kom didampingi stafnya bertempat di gedung PLHUT kantor kementerian Agama Kabupaten Banyumas yang dilakukan selama dua hari Kamis dan Jumat .(Jumat,10/9)

Kegiatan biometrik pelimpahan porsi haji reguler dilakukan karena calon jamaah haji meninggal dunia atau  sakit permanen, sehingga dilimpahkan kepada ahli warisnya.  Sebanyak 36 orang yang mengajukan proses pelimpahan hadir 33 orang serta  3 orang tidak bisa hadir karena berhalangan dan ada yang beralamat tinggal di luar kota bahkan luar jawa.

Kepala kantor Kemenag Banyumas Drs. H. Akhsin Aedi, M.Ag  melalui Kasi PHU Purwanto Hendro menyampaikan bahwa pelaksanaan perekaman biometrik pelimpahan porsi haji reguler adalah wewenang dari Kanwil Kemenag Jawa Tengah dan Kemenag RI, jadi di Banyumas tidak mempunyai wewenang untuk melakukannya.

" Sampai pertengahan tahun 2021 ini kantor Kemenag Banyumas sudah melakukan perekaman biometrik sebanyak dua kali, yang pertama dilakukan pada bulan Mei kemarin dimana 60 calon jamaah haji pelimpahan telah melakukan perekaman biometrik yang dilakukan oleh tim Bidang PHU Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah ." jelas Hendro

 " Sedangkan untuk tahap kedua  perekaman biometrik ini dilakukan oleh Kasi Pembatalan dan pendaftaran ditjen PHU kemenag RI yang berjumlah 36 orang. Dasar pelimpahan porsi adalah UU No 8 Tahun 2019 dan juknis sesuai keputusan dirjen No 130 Tahun 2020. Disamping itu kegiatan ini juga untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah, karena perekaman lebih dekat. " tuturnya lebih lanjut

Ditempat yang sama Kasi Pembatalan dan Pendaftaran ditjen PHU kemenag RI Syarif mengucapkan terimakasih kepada kantor Kemenag Banyumas yang telah memfasilitasi pelaksanaan perekaman biometrik bagi calon jamaah haji reguler pelimpahan.

" Alhamdulillah pelaksanaan perekaman biometrik bagi calon jamaah haji reguler dari Banyumas ini telah berjalan dengan baik dan lancar tanpa kendala apapun. Dari 36 calon jamaah haji pelimpahan yang diundang 3 orang belum bisa mengikuti perekaman saat ini dan insya Allah akan dimasukan ke jadwal perekaman biometrik selanjutnya. Untuk jadwal perekaman berikutnya nanti dari seksi PHU Kantor Kemenag Banyumas yang akan membuat, karena menunggu jumlah calon jamaah haji pelimpahan banyak" pungkasnya(yud)