30 Siswa MIN 1 Banyumas Sukses Ikuti ANBK

Oleh MIN 1 Banyumas
SHARE

MIN1BANYUMAS – Pada hari Senin – Selasa, 22 – 23 November 2021, sejumlah 30 siswa kelas 5 MIN 1 Banyumas sukses ikuti ANBK. Tiga puluh siswa peserta ANBK ini merupakan peserta hasil penjaringan sampel secara acak oleh sistem Kemendikbud. Pelaksanaan ANBK dilaksanakan dalam dua sesi dan setiap sesi diikuti oleh 15 siswa. Materi yang dikerjakan dalam ANBK terdiri atas 4 jenis, yaitu literasi membaca, survei karakter, numerasi dan survei lingkungan belajar.

Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia ANBK yang telah sukses menyelenggarakan agenda penting ini dengan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena pelaksanaanya masih dalam situasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas. ucap H. Saridin, S.Ag., M.Pd.I. selaku Kepala MIN 1 Banyumas.

Dilansir dari situs Kemdikbud, ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter), kualitas proses belajar-mengajar, dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Sasaran dari peserta ANBK adalah siswa-siswi SD/MI yang duduk di kelas 5. ANBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah memiliki berbagai tujuan. Selain untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, ANBK juga bertujuan untuk memantau perkembangan mutu sekolah dari waktu ke waktu, memantau kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, maupun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu), memantau pengembangan kompetensi dan karakter murid, serta memberi gambaran tentang karakteristik sebuah satuan pendidikan yang efektif.

“Dengan adanya Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini, semoga kualitas belajar-mengajar di MIN 1 Banyumas dari tahun ke tahun akan semakin baik.” pungkas Saridin.td.