SWABTES GRATIS BAGI CALON PENGANTIN

Oleh KUA Purwokerto Timur
SHARE

Purwokerto Timur - Dalam rangka menekan tingkat penyebaran dan penularan Covid-19 di Wilayah Kab. Banyumas, Pemerintah Kabupaten Banyumas melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin mengikuti swab tes gratis.(20/8)

Pada lain kesempatan program Swab Gratis juga diberikan bagi calon pegantin. Seperti yang tengah digalakkan oleh Kecamatan Purwokerto Timur yakni memberikan kesempatan bagi warganya yang ingin mengecek status kesehatannya terhadap Covid-19 untuk bisa mengikuti tes swab secara gratis, terutama bagi warga yang akan melangsungkan pernikahan dan diharuskan menyerahkan hasil swabtes. Hal itu dikatakan oleh Camat Purwokerto Timur pada Rapat koordinasi Lintas Sektoral beberapa waktu yang lalu.

“Selama PPKM, Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas memberikan bantuan kepada masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan berupa tes swab antigen gratis”, kata Drs Kristanto MSc.

Sementara itu Dr. Yufana selaku Kepala Puskesmas Purwokerto Timur I menyatakan bahwa untuk mendapatkan swabtes antigen gratis, bagi masyarakat (calon pengantin) harus melakukan konfirmasi kepada Puskesmas terlebih dahulu (24/8).

“Mengingat keterbatasan tenaga dan program Puskesmas yang cukup padat, maka masyarakat yang mengajukan swabtes harus menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu, swabtes juga hanya bisa dilaksanakan pada hari kerja” katanya.

“Jangan lupa calon pengantin harus menyertakan foto copy KTP/ KK dan bukti telah mendaftar menikah dari KUA” , lanjutnya.

Yudhy Bachtiar Tri Putro, SH selaku Kepala KUA Purwokerto Timur menyambut baik keputusan Pemerintah atas digratiskannya swabtes bagi calon pengantin.

“Sangat membantu masyarakat yang sudah terbebani dengan adanya Pandemi, sehingga program Pemerintah perlu ditindaklanjuti dengan disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat”, katanya.(gie)