PPAI Monitoring Persiapan PAS Di Tiga Sekolah

Oleh seksi pais
SHARE

Purwokerto: Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas melaksanakan monitoring pelaksanaan Persiapan Penilaian Akhir Semester (PAS) Tahun Pelajaran 2021/2022 di 3 (tiga) sekolah jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Monitoring yang dilaksanakan Senin (29/11) dilaksanakan oleh Didit Ariyanto Arifin, S.Ag selaku PPAI pada wilayah binaan untuk SMP Negeri 2 Rawalo, SMP Andalusia Kebasen dan SMP Muhammadiyah Kebasen.

Didit Ariyanto Arifin selaku PPAI Kemenag Banyumas pada jenjang SMP menyampaikan, “Alhamdulillah hari ini (29/11) kami dapat melaksanakan monitoring untuk kesiapan pelaksanaan PAS PAI pada SMP. Kami melaksanakan monitoring di tiga Sekolah yakni di SMPN 2 Rawalo, SMP Muhammadiyah Kebasen dan SMP Ansalusia Kebasen”, ungkapnya.

“Berdasarkan monitoring yang kami lakukan ada beberapa hal yang perlu untuk dievaluasi bersama diantaranya perlunya koordinasi TIM Pembuat soal dari GPAI dengan Pengawas PAI, masih ada beberapa konten dalam soal yang masih kurang spesifik dan mengandung unsur khilafiah dan alhamdulillah sudah langsung direvisi”, jelas Didit.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, “di lapangan kami masih menemukan adanya ciri khas soal PAI masih belum nampak dari 35 butir soal yang ada hanya ada 3 soal yang ada tulisan arabnya. Kemudian masih ditemukan antara Indikator dan soal ditemukan satu soal yang ternyata masih belum sesuai dengan Indikator. Terkamit dengan beberapa temuan tersebut kami berharap kedepan GPAI lebih siap dalam pembuatan soal PAI dan selalu melaksanakan koordinasi dengan PPAI wilayah binaan supaya bisa terjamin mutu dan kualitas dalam pembuatan soal”, tegas Didit.

Sementara pada acara yang sama Muslikhatun selaku Kepala SMP Muhammadiyah Kebasen menyampaikan, “Pada prinsipnya kami menyambut baik adanya monitoring yang telah dilakukan oleh PPAI terkait dengan pelaksanaan PAS Gasal di ekolah kami. Hal ini dapat dijadikan sebagai kontrol dalam pembuatan soal dan juga sebagai kendali mutu dalam pembuatan soal”, jelasnya singkat. (Du)