Manfaat Belajar CaFE Bagi Guru

Oleh seksi pais
SHARE

Purwokerto: Media pembelajaran merupakan alat bantu proses belajar mengajar. Agar Guru dapat menjalankan proses belajar mengajar dengan baik di era digital sekarang ini niscaya dituntut untuk dapat menggunakan bahkan membuat media pembelajaran dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut SMP Negeri 5 Purwokerto menggelar kegiatan In House Training (IHT) Canva For Education (CaFE) dilaksanakan selama 4 (empat) hari yang berakhir pada Kamis 25 November 2021.

Pembelajaran sebagai bagian dari proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal.

Sujiranto, S.Pd., S.IP., M.Pd selaku narasumber yang juga sebagai pengawas Pembina SMPN 5 Purwokerto menyampaikan “Canva For Education adalah platform berbasis web yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai desain menarik. Berdasarkan info pada web canva for education, dalam aplikasi Canva ini kita dapat melakukan presentasi, membuat bahan presentasi, bahkan membuat desain poster, flyer tanpa mendownload aplikasinya dengan menggunakan akun Belajar.Id”, jelasnya.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, “Canva dapat membantu membuat desain pembelajaran tanpa perlu menginstall aplikasinya. Didalam tools canva juga banyak terdapat design dan animasi yang bisa dengan mudah kita edit didalamnya tanpa perlu mendesignnya dari awal. Sangat tepat sekali untuk membatu dalam kegiatan belajar di kelas. Salah satu materi yang disampaikan adalah pembuatan buku E-book dari canva yang diambil dari fitur Heyzine Flipbooks”.

Kepala Kantor Kemenag Banyumas melalui Kasi PAI Kemenag Kab. Banyumas Agus Setiawan, S.Sos.I ketika dihubungi secara terpisah menyampaikan “Bahwa media pembelajaran sebagai alat atau media yang mendukung dan membantu Bapak atau Ibu guru dalam proses pembelajaran agar lebih menarik dan mengaktifkan siswa dalam belajar. Untuk itu kami sangat mengharapkan kepada guru PAI khususnya untuk mengembangkan kompetensi dan profesionalismenya dengan aktif mengikuti pelatihan-pelatihan, workshop dan seminar yang mendukung pembelajaran sehingga kedepan Pembelajaran PAI akan semakin baik lagi”, pungkasnya.

Purwanto, S.Pd Selaku Kepala SMP Negeri 5 Purwokerto melalui Durotun Nasikhin selaku Wakil Kepala SMPN 5 Purwokerto sekaligus sebagai Guru PAI yang mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan, “Kegiatan IHT ini dilaksanakan dimulai tanggal 19 November, 23, 24 dan 25 November 2021 adalah rangkain kegiatan workshop Calon Kepala Sekolah yang dilakukan di sekolah induk dalam magang yang pertama. Peserta kagiatan diikuti oleh seluruh guru SMP N 5 Purwokerto berjumlah 40 orang”.

“Kegiatan ini sangat membantu dan mendukung kepada para Guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas. Dengan pembelajaran yang berkualitas tentunya akan menumbuhkan daya tarik dan minat peserta didik untuk belajar lebih giat lagi”, pungkasnya.

Erlin Nurhayati, S.Pd selaku Ketua Panitia yang juga sebagai Calon Kepala Sekolah menyampaikan, “Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran salah satunya berupa Canva For Education dan juga meningkatkan kualitas pembelajaran. Sehinga diharapkan kedepan para guru dapat melaksanakan proses belajar mengajar yang menarik bagi siswa dengan dibantu media tersebut, dengan demikian akan dapat meningkatkan pemahaman, prestasi dan karakter peserta didik”. (Du/Dur)