Guru-guru Matematika MTs Banyumas 3 Ramaikan MTsN 3 Banyumas

Oleh MTs Negeri 3 Banyumas
SHARE

Banyumas - Pelatihan Program PKB Guru Matematika 3 pada hari  Senin 29 November 2021 bertempat di MTsN 3 Banyumas berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Pelatihan ini mulai dilaksanakan sejak 3 November 2021 dengan sistem IN-ON-IN yang dikhususkan untuk sejumlah 28 Guru Matematika MTs yang tergabung  dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Banyumas 3. Kegiatan PKB ini tidak lain untuk memfasilitasi guru matematika dalam mengembangkan keprofesianya sehingga meningkatkan kualitas kompetensi pembelajaran yang akan memberikan pengaruh positif dalam peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika.

Peserta pelatihan sangat antusias selama kegiatan PKB berlangsung. Semua materi pelatihan sesuai dengan modul PKB Guru Madrasah. Pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi, kontekstual, dan terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman. Kegiatan IN yang terakhir pada hari ini dibuka oleh Bu Sri Yuswarti, S.Pd.Mat selaku ketua MGMP Matematika Banyumas 3 dan diikuti seluruh peserta dengan penuh interaktif. Setiap kelompok mempresentasikan video pembelajaran hasil dari kegiatan ON di kelas sesuai desain pembelajaran yang sudah dibuat. Kelompok lainnnya mengamati dan saling memberikan tanggapan juga masukan. Semua video pembelajaran menambah referensi pembelajaran yang bisa diterapkan di kelas pada MTs masing-masing.

Kegiatan IN pada hari ini spesial karena dilanjutkan dengan penutupan pelatihan PKB. Acara penutupan dihadiri langsung oleh Ibu Nurul Hidayah, S.Ag selaku pengawas madrasah yang mengarahkan diadakannya desiminasi sebagai tindak lanjut kegiatan ini. Ilmu yang didapatkan dari pelatihan ini untuk ditularkan ke guru madrasah masing masing seperti strategi dan metode  pembelajaran. Nurul Hidayah juga memberikan banyak motivasi kepada semua peserta pelatihan. Jadilah guru yang kedatangannya ditunggu-tunggu oleh peserta didik. Jadilah guru yang menjadi panutan disekitar lingkungan kerjanya. Jadilah insan yang mandiri, berprestasi, penuh inovasi dan rendah hati. Guru yangmembawa madrasah melek digital sebagai pioner menuju "Madrasah Digitalisasi" khususnya diwilayah Banyumas tambahnya.

Dikesempatan lainnya Syarief Hidayat, S.Ag. selaku Kepala Madrasah MTs Negeri 3 Banyumas sekaligus ketua KKM MTs Banyumas 3 mengatakan bahwa dimasa persiapan pembelajaran abad 21 ini kita sebagai guru harus bisa mengembangkan diri, “Dalam forum MGMP inilah salah satu sarana untuk mengembangkan kemampuan guru dalam mengajar, guru harus berani mengambil inisiatif untuk sebuah perubahan, harus memahami dan menguasai tekhnologi, membiasakan budaya baca, dan berakhlak mulia.  Harus bisa menggali bakat minat siswa untuk diolah menuju human capital, Madrasah harus bisa menjadikan perantara menuju tatanan/sistem masyarakat cerdas”.

Acara penutupan diakhiri dengan penyampaian pesan dan kesan dari Bambang Sumbono, S.Pd sebagai perwakilan peserta mgmp. Pelatihan ini beda dengan yang lain, tuturnya. Banyak ilmu yang didapatkan dari PKB ini. Terimakasih untuk  Iswati, S.Ag selaku fasda yang telah setia mendampingi dan membimbing dari awal sampai akhir pelatihan (Team Reading & Publishing).