GPAI Banyumas Ikuti Penguatan Pembina Rohis SMA/SMK Se-Jawa Tengah

Oleh seksi pais
SHARE

Semarang: Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) mengikuti kegiatan Penguatan Rohis dan Pembina Rohis SMA/SMK Se Jawa Tengah. Kegiatan terebut dibuka oleh Kabid PAI Kanwil Kemenag Jawa Tengah Imam Buchori. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Lantai III Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah pada Rabu (17/11) ini dihadiri oleh Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Nur Syahid, Ketua MGMP PAI Provinsi Heri Nugroho, serta peserta dari tiap-tiap Kabupaten se Jawa Tengah.

Imam Buchori selaku Kabid PAI Kanwil Jawa Tengah dalam pengarahannya setelah membuka acara Penguatan Rohis dan Pembina Rohis SMA/SMK Se Jawa Tengah menyampaikan, “Pembina Rohis harus bisa membentuk karakter anak Rohis dengan baik dan juga ikut berperan aktif dalam kegiatan di sekolah maupun di luar sekolah. Tak lupa juga selalu mengajarkan nilai-nilai Islam yang toleran dan tidak mudah untuk ikut aliran-aliran yang menyeleweng”, jelasnya.

“Indonesia adalah negara yang hebat, kita sebagai warga negara harus bisa menjunjung empat (4) pilar itu yakni Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Undang-undang Dasar 1945”, Karena 4 pilar ini yang harus kita junjung bersama dan jangan sampai ada yang merubahnya oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab”, ungkapnya.

Lebih lanjut Ia berharap, Pembina Rohis dan anakanak Rohis bisa menjadi garda terdepan untuk bisa menjunjung tinggi 4 pilar tersebut dan juga menjalankan nilai-nilai modernisasi bangsa yakni, Tawasuth, Tasamuh, Tawazun dan Ta’adl. Maka dari itu Pembina Rohis dan anak-anak Rohis mempunyai peran besar dalam segala aspek”, katanya.

Sementara, Nur Syahid, perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan, “Kalian menjadi pengurus rohis ini merupakan kebanggaan atau pilihan dari sekolahan, tentu ini semua merupakan bekal untuk menempuh masa depan kalian. Dalam proses belajar mengajar tentu kaitannya dengan kompetensi diri dan tekhnologi informasi juga anak-anak tentu akan berkolaborasi dalam zaman global ini. Dengan menjadi pengurus rohis ini disitulah kalian belajar pendidikan karakter dan pembekalan yang cukup untuk menularkan kepada teman-teman kalian”, jelasnya.

Heri Nugroho, Selaku ketua MGMP Provinsi menyampaikan, acara pagi hari ini adalah bentuk implementasi pelajar pancasila dan diikuti oleh 100 peserta. Acara yang pertama itu musyawarah pengurus Rohis Se-Jawa Tengah dan hanya satu satunya. Dalam ini hal positif yang bisa diambil dalam kegiatan ini maupun ikut rohis, banyak alumni yang menjadi tokoh di dalam negeri kita. Setelah acara musyawarah pengurus Rohis setelah itu ada musyawarah Pembina Rohis untuk menyatukan persepsi terkait penangkalan radikalisme. Dengan acara ini juga nantinya kita akan mensukseskan acara besar yaitu Kemah Rohis yang akan dilaksanakn 21 -23 Desember 2021 secara virtual”. Pungkasnya.

Iing Ilham Kurniawan, selaku pembina Rohis SMAN 1 Purwokerto yang mewakili Kabupaten Banyumas untuk mengikuti kegiatan tersebut menyampaikan, “Alhamdulillah saya berserta peserta didik saya atas nama Haris Yoga Saputra dapat mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini memberikan inspirasi dan manfaat yang besar terutama dalam mengelola organisasi Rohis dan mendidik anak-anak Rohis agar ke depan menjadi generasi hebat yang moderat. Dan tentu karena saya mewakili Kab. Banyumas pesan-pesan dan makna dari kegiatan ini akan kami sampaikan ke teman-teman GPAI di Banyumas terutama agenda terdekat yakni Kemah Rohis Virtual yang akan dilaksanakan bulan depan”, pungkasnya. (Du)